• Posted by : Veronia Rafi Kamis, 11 September 2014




    EFEK DOPPLER


    Pengertian Efek Doppler. Efek Doppler adalah sesuatu yang terjadi ketika sesuatu yang memancarkan suara atau cahaya bergerak relatif terhadap pengamat. Obyek, pengamat, atau keduanya dapat bergerak, menyebabkan perubahan jelas dalam frekuensi panjang gelombang yang dipancarkan oleh objek. Efek Doppler menjelaskan mengapa klakson mobil sopir keras yang muncul ketika berubah frekuensi karena ia diperbesar dengan kecendrungan di atasnya, dan pemahaman tentang Efek Doppler dapat membantu para ilmuwan membuat berbagai pengamatan tentang dunia di sekitar mereka.
    Efek ini diusulkan dan dijelaskan oleh Christian Doppler pada tahun 1842. Seperti yang sering terjadi, yang pertama di tempat kejadian harus bernama efek, sehingga fenomena ini sekarang dikenal sebagai “Efek Doppler.” Banyak orang yang akrab dengan konsep dasar, bahkan jika mereka tidak begitu mengerti cara kerjanya. Versi pendek dari cerita ini adalah bahwa ketika sebuah objek mendekati pengamat, panjang gelombang yang dikompresi, menyebabkan frekuensi meningkat, dan ketika objek bergerak menjauh, panjang gelombang menyebar, menyebabkan penurunan nilai frekuensi.
    Ketika sebuah benda mendekati pengamat, frekuensi panjang gelombang tampak meningkat, dalam fenomena yang dikenal sebagai blueshifting. Ketika objek bergerak menjauh dari pengamat, frekuensi tampaknya menurun dari perspektif pengamat, dalam situasi yang dikenal sebagai redshifting. Contoh lain yang umum digunakan untuk menggambarkan Efek Doppler adalah sirene kendaraan darurat. Pada saat memasuki kendaraan, lapangan sirene tampaknya berubah, menyebabkan ia terdengar lebih tinggi, dan ketika itu bergerak menjauh, sirene mulai terdengar lebih rendah.
    Ini efek yang menarik tidak hanya menarik untuk mengetahui. Pengetahuan tentang Efek Doppler dapat memungkinkan orang untuk menggunakannya untuk tujuan melakukan pengukuran. Menyadari perubahan frekuensi yang disebabkan oleh Efek Doppler, misalnya, dapat memungkinkan para astronom untuk menentukan seberapa jauh bintang-bintang, dan apakah mereka tumbuh lebih dekat atau lebih jauh relatif terhadap Bumi. Kemampuan untuk memetakan bintang-bintang dengan Efek Doppler telah memungkinkan para astronom untuk mengusulkan sejumlah teori tentang alam semesta, termasuk gagasan bahwa alam semesta secara perlahan berkembang.
    Dalam pengobatan, Efek Doppler digunakan dalam pencitraan medis untuk mengumpulkan data selama studi pencitraan real time. Karena frekuensi panjang gelombang dapat tepat diukur dan dijelaskan dengan peralatan yang tepat, orang bisa menggunakan perubahan frekuensi itu untuk memahami bagaimana sesuatu bekerja, jika mereka tahu persamaan yang tepat untuk digunakan untuk memahami implikasi dari perubahan tersebut. Banyak bidang usaha lain mengambil keuntungan dari Efek Doppler untuk mengumpulkan atau menyebarkan informasi.

    Leave a Reply

    Silahkan berkomentar sopan dan tidak menyinggung SARA... Terima kasih.

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Veronia Rebirth - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -